Home / Program / Edukasi / Mengenal Analgetika, Obat Pereda Nyeri Yang Selalu Diburu Saat Sakit

Mengenal Analgetika, Obat Pereda Nyeri Yang Selalu Diburu Saat Sakit

BELLASALAMFM.COM Rabu, 5 Mei 2024, Radio Bellasalam Tasikmalaya kembali menggelar talkshow interaktif bersama narasumber dari Dosen Fakultas Farmasi Universitas BTH Tasikmalaya yakni apt. Ilham Alifiar, M.Farm. Ada pun acara ini berlangsung dalam program Bellasalam Indo Pop Edisi Tasik Cerdas bersama Salma Shofaroh, S.Sos. M.Pd. selaku penyiarnya.

Aktivitas seseorang dalam sehari-hari bisa tidak menutup kemungkinan bisa berhadapan dengan hal-hal yang tidak terduga. Misalnya, sakit perut dikarenakan mengkonsumsi makanan yang pedas, terjatuh dan menyebabkan luka, dan lainnya. Maka dari itu, seseorang akan langsung mencari langkah-langkah agar bisa mengobati rasa sakit tersebut seperti mengkonsumsi obat pereda sakit atau nyeri.

Lalu, apa itu obat pereda sakit? Bagaimana penggunaanya? Apakah ada efek samping jangka panjang jika mengkonsumsi dalam waktu yang lama dan jumlah berlebihan?

apt. Ilham Alifiar, M.Farm.

Semuanya dijawab dalam talkshow interaktif bersama Dosen Fakultas Farmasi Universitas BTH Tasikmalaya yakni apt. Ilham Alifiar, M.Farm. dalam tema “Mengenal Analgetika”.

Analgetika merupakan obat yang digunakan untuk mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri pada tubuh. Biasanya digunakan akibat tubuh kita mengalami trauma, luka, cedera, dan lainnya. Obat analgetika ini jenis obat tiga terbesar digunakan di dunia. Di Indonesia sendiri obat ini
analgetika merupakan obat satu golongan tapi banyak sekali jenisnya. Misalnya asam mefenamat juga ada turunannya kembali.

Analgetika juga harus ada yang menggunakan resep dokter. Misalnya obat yang didalamnya mengandung narkotika (beberapa jenis narkotika digunakan untuk pengobatan) dan diberikan kepada pasien yang rasa sakitnya sudah tidak tertahan, seperti kanker terminal, atau pasien pasca bedah.

Namun sebelumnya ada hal yang perlu diketahui yakni VAS (Visual Analogue Scale). VAS merupakan metode yang digunakan untuk mengukur rasa sakit seseorang misalnya dinilai dari nilai 1-10. Sehingga dokter bisa mengukur rasa sakit seorang pasien. Sehingga resep obat yang diberikan itu akan berbeda antara satu pasien dengan pasien yang lain.

Secara umum yang biasanya umum digunakan di masyarakat adalah obat dengan jenis analgetik steroid, yakni obat dengan golongan ini secara struktural kimia ini seperti hormon yang dikeluarkan kelenjar anak ginjal. Misalnya betamethasone, dexamethasone, selain sifatnya meredakan rasa sakit bisa mengobati juga mengobati penyakit lainnya. Maka seringkali obat jenis ini disebut obat dewa.

Kemudian terdapat juga obat yang digunakan untuk rasa sakit berbeda tetapi khasiatnya sama untuk menghambat prostaglandin atau rasa sakit. Misalnya sedang sakit gigi menggunakan obat untuk sakit kepala, itu bisa saja. Obat analgetik PRN (prorenata), obatnya bisa dihentikan jika rasa sakitnya sudah menghilang. Kecuali ada kondisi khusus yang mengharuskan harus terus menerus mengkonsumsi analgetik antiplatelet (obat untuk mengencerkan gumpalan darah bagi orang yang memiliki penyakit struk).

Susu Kuda Sumbawa ini memiliki kandungan yang bagus dimana pada salah satu penelitian dibandingkan dengan salah satu analgetik dan hasilnya susu kuda sumbawa ini dapat mengubah flora pada saluran cerna dan mepreventif terjadinya radang atau inflamasi yang kemungkinan terjadi pada saluran cerna. Namun memang pada penelitiannya belum jelas berapa dosis atau berapa gelas agar bisa efektif. Tapi yang terpenting susu kuda sumbawa ini memiliki khasiat yang baik bagi tubuh.

Editor: Muhammad Rafi
Penanggung Jawab: Wargika Iwan

Check Also

Kenali Penyebab, Gejala, dan Pengobatan Penyakit TBC

BELLASALAMFM.COM Rabu, 17 April 2024, Radio Bellasalam Tasikmalaya kembali menggelar talkshow interaktif bersama narasumber dari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *