Home / Berita / HUT ke-3 KA Baturraden Ekspress, KAI Daop 5 Purwokerto Gelar Serangkaian Event untuk Apresiasi Pelanggan

HUT ke-3 KA Baturraden Ekspress, KAI Daop 5 Purwokerto Gelar Serangkaian Event untuk Apresiasi Pelanggan

BELLASALAMFM.COM (Aris AKA) KA Baturraden Ekspress telah beroperasi tepat 3 tahun pada Selasa (25/6) ini. KA Baturraden Ekspress melayani relasi Stasiun Purwokerto-Bandung PP setiap harinya.

“KAI Daop 5 Purwokerto terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah setia menggunakan KA Baturraden Ekspress dalam bertransportasi hingga saat ini,” ujar Dominicus Agung Wawan Purnawan selaku VP Daop 5 Purwokerto dalam keterangannya, Selasa (25/6).

Awal dioperasikannya KA Baturraden Ekspress pada hari Jumat 25 Juni 2021 di tengah pandemi Covid-19, KAI tetap menunjukkan komitmennya untuk terus berinovasi dengan menghadirkan kereta api relasi baru agar dapat membantu konektivitas masyarakat khususnya dari dan menuju wilayah Kabupaten Banyumas. Namun seiring dengan diterapkannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sekaligus wujud dukungan KAI terhadap program pemerintah dalam pencegahan penyebaran Covid-19, maka perjalanan KA Baturraden Ekspress sempat dihentikan.

Selanjutnya pada masa transisi dari pandemi menuju endemi, sekaligus dengan ditegaskan oleh pemerintah bahwa situasi pandemi Covid-19 mulai terkendali dan imunitas masyarakat terhadap Covid-19 semakin tinggi serta diperlonggarnya PPKM, KAI Daop 5 menjalankan kembali KA Baturraden Ekspress, tepatnya pada hari Kamis 22 Desember 2022 bertepatan dengan memasuki masa Angkutan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 dengan merubah rute yang awalnya melalui Lintas Utara yaitu Purwokerto-Cirebon-Cikampek-Bandung menjadi melalui Lintas Selatan yaitu Purwokerto-Kroya-Tasikmalaya-Bandung.

Rangkaian KA Baturraden Ekspres terdiri dari 2 kereta kelas eksekutif dengan kapasitas 100 Tempat Duduk (TD) dan 5 kereta kelas bisnis dengan kapasitas 320 TD, sehingga total tempat duduk yang disediakan sebanyak 420 TD. Seiring dengan semakin bertambahnya minat masyarakat untuk melakukan perjalanan dengan menggunakan KA Baturraden Ekspress dan untuk meningkatkan pelayanan, mulai 1 Juni 2024 stamformasi rangkaian KA Baturraden Ekspress menjadi 4 kereta kelas eksekutif dengan kapasitas tempat duduk sebanyak 200 tempat duduk (TD) dan 3 kereta kelas bisnis dengan kapasitas tempat duduk sebanyak 192 TD.

Tidak hanya itu selama bulan Juni 2024, KAI Daop 5 Purwokerto juga memberikan tiket tarif promo pada KA Baturraden Ekspress Kelas Eksekutif hanya Rp195 ribu dan Kelas Bisnis dengan tarif Rp95 ribu. “Tarif spesial ini merupakan bentuk loyalty program sekaligus untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat khususnya pelanggan KA Baturraden Ekspres dengan tarif yang terjangkau,” imbuh Agung.

Trend penumpang KA Baturraden Ekspress menunjukkan bahwa antusiasme minat masyarakat untuk menggunakan moda transportasi KA tersebut naik dari waktu ke waktu. Sepanjang tahun 2023 tercatat KA Baturraden Ekspres mengangkut sebanyak 38.300 penumpang, sedangkan untuk periode Januari 2024 hingga berita ini diturunkan tercatat untuk kelas eksekutif sebanyak 8.812 penumpang atau naik 38 persen dibandingkan periode yang sama di Tahun 2023 sebanyak 6.371 penumpang. Adapun untuk kelas bisnis menunjukkan kenaikan yang cukup tinggi yaitu sebanyak 16.666 penumpang atau naik 75 persen dibandingkan periode yang sama di Tahun 2023 yang hanya mencatat sebanyak 9.503 penumpang. Dengan demikian, total okupansi penumpang naik dari Januari 2024 hingga 25 Juni 2024 sebanyak 25.478 penumpang atau naik 61 persen dibandingkan periode yang sama di Tahun 2023 total hanya 15.874 penumpang.

KA Baturraden Ekspress dengan keberangkatan awal dari Stasiun Purwokerto pada pukul 20.00 WIB dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 6 jam 40 menit melalui 11 stasiun pemberhentian diantaranya Stasiun Kroya-Maos-Jeruklegi-Sidareja-Banjar-Ciamis-Tasikmalaya-Cipeundeuy-Kiara Condong dan tiba di Stasiun Bandung pada pukul 02.40 WIB. Sedangkan KA Baturraden Ekspress keberangkatan awal dari Stasiun Bandung pada pukul 08.00 WIB menempuh perjalanan selama 6 jam 42 menit dengan stasiun pemberhentian diantaranya Stasiun Kiara Condong-Cipeundeuy-Tasikmalaya-Ciamis-Banjar-Sidareja-Jeruklegi-Maos-Kroya dan tiba di Stasiun Purwokerto pada pukul 14.52 WIB.

Perayaan HUT ke-3 KA Baturraden Ekspress

“Untuk memaknai perayaan HUT ke-3 KA Baturraden Ekspress Tahun 2024 ini, KAI Daop 5 menggelar sejumlah event diantaranya Photo dan Video Competition, Mini Pameran Fotografi dari pemenang Photo dan Video Competition, Gelar Seni Tari Lengger untuk menghibur penumpang, Sapa Pelanggan dengan membagikan souvenir menarik serta Tasyakuran sebagai wujud rasa syukur atas kepercayaan masyarakat yang terus memilih moda transportasi KA khususnya KA Baturraden Ekspress,” pungkas Agung.

Selanjutnya memasuki masa liburan sekolah, KAI Daop 5 Purwokerto juga kembali mengimbau masyarakat untuk merencanakan perjalanannya jauh-jauh hari dengan melakukan pemesanan tiket yang dapat dilakukan mulai H-45 keberangkatan baik melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, ataupun channel lainnya yang bekerja sama dengan KAI. Untuk informasi lebih lanjut terkait KA, masyarakat dapat menghubungi Customer Service di stasiun serta Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.

Editor: Muhammad Rafi
Penanggung Jawab: Wargika Iwan

Check Also

KPPN Tasikmalaya Kolaborasi dengan Cabang BRI Se-Priangan Timur Berikan Reward dan Sosialisasi CMS, KKP dan Digipay Dalam Rangka Budayakan Cashless Society

BELLASALAMFM.COM (Aris AKA) KPPN Tasikmalaya bersama-sama dengan BRI lingkup KPPN Tasikmalaya  (BRI Cabang Tasikmalaya, BRI …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *