Home / Berita / SATKER Di Wilayah Priangan Mendapat Apresiasi Dari KPKNL Tasikmalaya

SATKER Di Wilayah Priangan Mendapat Apresiasi Dari KPKNL Tasikmalaya

Tasik – Untuk kedua kalinya KPKNL Tasikmalaya menyelenggarakan BMN Award. Dimana acara ini sebagai penerus cikal bakal gagasan dari penyelenggaraan Kementrian Keuangan Pusat. Kali ini acara apresiasi penghargaan BMN Awards tahun 2022 diberikan kepada para Stakeholder, sebagai Satuan Kerja yang telah bekerja secara gemilang dalam melaksanakan tugas pengeloalaan Barang Milik Negara dan pengurusan Pengelolaan Piutang Negara yang ada di Wilayah Priangan. Kabupaten Garut, Kabupaten dan Kota Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kabupaten dan Kota Banjar serta Kabupaten Pangandaran.

Acara apresiasi ini bukan hanya sekedar membuat bangga bagi para penerima penghargaan. Terlebih ada essensi yang diharapkan seperti salah satu pernyataan yang disampaikan Kepala KPKNL  Tasikmalaya, Laesintje Wilar , “Optimalisasi pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) diharapkan tidak hanya berfungsi untuk kegiatan pemerintahan namun juga diharapkan membawa manfaat bagi masyarakat dan tentu adanya manfaat ekonomi dan sosial serta penghematan dalam penggunaannya”. Pernyataan tersebut disampaikan dalam acara Apresiasi dan Sosialisasi Pengelolaan Kekayaan Negara dan Piutang Negara Kamis (12/5/2022).

Bagi para Stakeholder yang belum mendapat penghargaan diharapkan acara ini sebagai pendongkrak untuk memotivasi tatanan kerja yang luar biasa, extra expert. Karena nantinya akan memberikan kontribusi besar bagi kepentingan negara. Lanjut Laesintje Wilar menegaskan bahwa Pengelolaan BMN yang professional dapat mendukung perekonomian negara, seperti aset BMN yang dapat dipergunakan untuk pembangunan infrastruktur atau pemanfaatan aset negara untuk pemulihan ekonomi nasional.

Kepala Satker beserta para operator BMN, para Pimpinan Pengguna jasa layanan piutang negara di wilayah kerja KPKNL Tasikmalaya yang hadir dalam acara BMN Awards tersebut mendapat pemaparan yang tepat dari Kepala KPKNL Tasikmalaya katanya, “Jangan sudah merasa lebih dari pencapaian yang diharapkan. Perlu adanya langkah inovasi.” Seperti langkah KPKNL Tasikmalaya pata tahun 2016 pernah mendapat penghargaan Wilayah Bebas Korupsi ( WBK ). Dimana Sinergitas KPKNL Tasikmalaya dengan para Stakeholder dan masyarakat dalam mewujudkan optimalisasi penerimaan negara agar bisa memangkas tidak terjadina kegiatan korupsi atau gratifikasi sehinga tidak menuntut imbalan. Karena selama ini selalu mendapat pengawasan dari lembaga indefenden seperti Ombudsman dan Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ).

Pengelolaan BMN memiliki prinsip yang sama dengan pengelolaan keuangan negara yaitu harus dikelola secara tertib, taat pada peraturan perundang-undangan, efisien, ekonomis, efektif, transparan, dan bertanggung jawab dengan memperhatikan rasa keadilan dan kepatutan, hal ini karena BMN sebagian besar diperoleh dari Keuangan Negara, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara serta perolehan lain yang sah.

Selanjutnya, berapa jumlah BMN yang berada di wilayah priangan timur? Dari data yang ada jumlah BMN di wilayah kerja KPKNL Tasikmalaya pada tahun 2021 dapat di gambarkan sebagai berikut:

No.Jenis BMNJumlah NUPNilai Aset (Rp)
1.Tanah8474.638.475.470.792
2.Gedung dan Bangunan5.6524.170.123.430.797
3.Selain Tanah dan Bangunan1.648.0002.610.031.728.144
 Jumlah1.654.49911.418.630.629.733

Dari jumlah tersebut, terdapat aset berupa tanah dari 847 NUP sebanyak 673 telah bersertipikat sesuai dengan ketentuan, 110 telah bersertipikat belum sesuai ketentuan dan 64 belum bersertipikat. Saat ini terhadap aset yang belum bersertifikat sedang diupayakan proses sertifikasi.

Dari pengelolaan BMN didapat pula PNBP sebagai salah satu bentuk kontribusi pengelolaan BMN kepada APBN pada tahun 2021 sebesar Rp 2.738.822.945,00.

Sebagai bentuk reward atas kerja keras dalam pengelolaan BMN pada Tahun 2021, KPKNL Tasikmalaya menyampaikan apresiasi kepada satuan kerja yang telah melakukan pengelolaan BMN dengan optimal. Apresiasi pengelolaan BMN kami berikan dalam tiga kategori yaitu,

a.  Kategori Penatausahaan BMN

  1. Pengadilan Agama Kota Banjar
  2. Pengadilan Negeri Ciamis
  3. Pengadilan Agama Kota Tasikmalaya

b.  Kategori Optimalisasi PNBP BMN

  1. Poltekkes kemenkes tasikmalaya
  2. Universitas Siliwangi
  3. KPPBC Tipe madya Pabean c Tasikmalaya

c.  Kategori Pengamanan BMN

  1. Kantor Kementerian Agama Kab. Ciamis
  2. Polres Tasikmalaya
  3. Kantor Imigrasi Kelas II non TPI Tasikmalaya

Selain memberikan apresiasi kepada Satker berkinerja gemilang atas pengelolaan BMN juga apresiasi kepada Satker berkinerja gemilang atas pengelolaan Piutang Negara Tahun 2021 yang terbagi pada 2 kategori, yaitu:

a.  Kategori Penurunan Outstanding Piutang Negara:

Kementrian Kehutanan cq. Bank BJB Garut 

b. Kategori Efektivitas Penyelesaian BKPN:

  1. RSUD dr. Soekardjo Kota Tasikmalaya
  2. RSUD dr. Slamet Kabupaten Garut
  3. RSUD Kabupaten Ciamis

Pemberian apresiasi ini sebagai bentuk wujud inovasi dan sinergi KPKNL Tasikmalaya  untuk  memberikan Bimbingan Teknis kepada satker di wilayah Kerja Priangan Timur agar dapat lebih baik dalam melakukan tata kelola BMN dan Piutang Negara. Selain memberikan apresiasi kepada satker yang berkinerja gemilang atas pengelolaan BMN dan Piutang Negara, KPKNL Tasikmalaya pada akhir Tahun 2021 juga memberikan apresiasi kepada para Pengguna Jasa Layanan Lelang atas kontribusi kinerja lelang Tahun 2021.

Pada kesempatan yang sama juga dilaksanakan sosialisasi Pengelolaan Kekayaan Negara terkait Pengawasan dan Pengendalian (Wasdal) BMN, Sosialisasi Pengurusan Piutang Negara tentang Percepatan Penurunan Outstanding Piutang Negara & Efektivitas Penyelesaian BKPN, Gratifikasi terkait perjalanan Dinas, dan Inovasi Layanan KPKNL Tasikmalaya antara lain layanan BARAYA Sadinten Rengse dan Standar Layanan. Dalam rangka perwujudan Pembangunan ZI WBBM, mari dukung dan wujudkan KPKNL Tasikmalaya sebagai Kantor Unit Kerja DJKN Kementerian Keuangan untuk berpredikat Wilayah Kerja Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). KPNL Tasikmalaya PASTI (Profesional Amanah Santun Transparan Inovatif).

Atas terlaksananya kegiatan ini diharapkan akan semakin meningkatkan kerjasama dan sinergi antara KPKNL Tasikmalaya dengan para Stake Holder di wilayah kerja Priangan Timur.

(KPKNL Tasikmalaya)

Check Also

Awal Agustus, Harga Bahan Pangan di Kota Tasikmalaya Relatif Stabil

Hasil monitoring daftar harga rata-rata kebutuhan pokok masyarakat pada, Senin 2 Agustus 2021 dari UPTD Pasar Resik Kota Tasikmalaya, tergolong stabil.

Leave a Reply

Your email address will not be published.