Home / Berita / Tidak Ada Vaksin, Ribuan Jemaah Umrah Terancam Gagal Berangkat

Tidak Ada Vaksin, Ribuan Jemaah Umrah Terancam Gagal Berangkat

Kelangkaan vaksin meningitis menjadi salah satu persoalan serius yang saat ini mengancam keberlangsungan penyelenggaraan umrah di Indonesia. Bahkan, Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) memprediksi akan ada ribuan jemaah umrah yang terancam gagal berangkat akibat krisis vaksin meningitis.

Jemaah Umrah Ghinasepti
Jemaah Umrah Ghinasepti Internasional

“Ini warning buat pemerintah kita. Krisis vaksin ini berakibat kegagalan keberangkatan jamaah umrah,” kata Ketua DPD Amphuri Jabar Bisma Banyu Setia menyebut, bahwa di lapangan, beberapa Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) menutup sementara layanan vaksin meningitis.

“Salah satunya yang disampaikan oleh KKP Kelas I Bandung jabar yang mengumumkan tutup sementara sampai batas waktu yang tidak dapat ditentukan. Hal yang sama dilakukan oleh KKP -KKP lainnya diberbagai kota di Indonesia” tandasnya.

Ketua DPD Amphuri Jawa Barat, Bisma Banyu Setia

Bisma B.S mendesak pemerintah tidak memaksakan diri menerapkan regulasi, jika tidak bisa menyediakan vaksin meningitis dan buku kuning. “Amphuri minta pemerintah memberikan diskresi dan relaksasi bagi jamaah yang belum vaksin meningitis karena tidak tersedianya vaksin, untuk tetap bisa menunaikan umrah,” tuturnya.

Bisma menegaskan, pemerintah Arab Saudi sendiri dalam pelaksanaan di lapangan sudah melonggarkan penerapan aturan ini, malah sudah tidak ada lagi pemeriksaan terkait vaksin meningitis. Karena memang sudah tidak menjadi concern pemerintah Saudi saat menerima jamaah umrah.

“Ini sesuatu yang dipaksakan, padahal di Saudi sudah tidak menjadi concern utama. Sebaiknya pemerintah memberikan diskresi dan relaksasi atau kelonggaran bagi jamaah umrah yang belum vaksin meningitis karena tidak tersedianya vaksin meningitis,” ujar Bisma B.S.

Diharapkan, kelangkaan vaksin meningitis dapat segera diatasi oleh pemerintah dan instansi terkait guna kelancaran seluruh jamaah yang akan melaksanakan ibadah umrah.

Check Also

Radio Bellasalam Sukses Menggelar Talkshow Kolaborasi Satpol PP, Bea Cukai, dan Hipatas Kota Tasikmalaya Dalam Upaya Menggempur Rokok Ilegal

BELLASALAMFM.COM Rokok merupakan sebuah kertas yang digulung berbentuk silinder memanjang didalamnya terdapat tembakau yang telah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *