Home / Program / Edukasi / Aspek Sehat Puasa di Bulan Ramadhan

Aspek Sehat Puasa di Bulan Ramadhan

BELLASALAMFM.COM Rabu, 13 Maret 2024 di momen Ramadhan 1445 H, Radio Bellasalam Tasikmalaya talkshow interaktif bersama narasumber dari Dosen Fakultas Farmasi Universitas BTH Tasikmalaya yakni apt. Ilham Alifiar, M.Farm. Ada pun acara ini berlangsung dalam program Bellasalam Indo Pop Edisi Tasik Cerdas bersama Salma Shofaroh S.Sos. M.Pd. selaku penyiarnya.

Ramadhan merupakan momen yang paling ditunggu setiap umat muslim di seluruh belahan dunia. Sebab bulan ramadhan merupakan bulan di mana semua orang berlomba-lomba untuk mencari kebaikan. Termasuk didalamnya adalah kewajiban berpuasa. Untuk menjalankan kewajiban berpuasa selama satu bulan tersebut, pastinya membutuhkan tenaga dan kesehatan yang mumpuni.

Dalam bincang interaktif dengan narasumber yakni apt. Ilham Alifiar, M.Farm. sebagai Dosen Fakultas Farmasi Universitas BTH Tasikmalaya menjawab, apa saja yang menjadi aspek sehat selama berpuasa di bulan Ramadhan?

apt. Ilham Alifiar, M.Farm.

Puasa selalu menjadi kekhawatiran bagi beberapa kalangan seperti orang yang sakit atau yang rutin minum obat. Padahal sebetulnya puasa itu menyehatkan, sudah ada anjurannya. Dari sisi agama sudah pasti bahwa puasa itu menyehatkan, karena tidak umat muslim saja yang menyatakan bahwa puasa itu menyehatkan. Bahkan filsuf barat ada yang menyebut puasa itu menyehatkan karena biasanya penyakit timbul karena makanan dan solusinya adalah berpuasa.Selain itu, puasa bisa jadi momen bagi beberapa orang untuk berdiet namun kuncinya adalah saat berbuka atau sahur menjaga pola makannya.

Selama bulan ramadhan, pembatasan makanan yang masuk ke dalam tubuh membuat liver bekerja tidak terlalu berat, dan sudah saatnya liver melakukan detoksifikasi atau pengurangan kadar racun dalam tubuh. Puasa memiliki manfaat diantaranya seperti melancarkan pencernaan, menurunkan kadar bakteri dalam tubuh dan bisa digantikan dengan bakteri baik bagi tubuh. 


Kunci sehat selama puasa salah satunya adalah minum suplemen, vitamin, agar puasanya kuat dan sehat. Salah satunya adalah mengkonsumsi Susu Kuda Sumbawa 165 yang dijual di Radio Bellasalam Tasikmalaya. (MR)

Susu Kuda Sumbawa 165

Check Also

Mulai 1 Juli 2024, KA Baturraden Ekspres Keberangkatan dari Purwokerto Berubah Jadwal, Dapatkan Tarif Promo Mulai Rp95 Ribu

28/06/2024 BELLASALAMFM.COM (Aris AKA) Kabar gembira bagi masyarakat yang ingin bepergian menuju Kota Bandung dari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *