Home / Program / Edukasi / Ruang Curhat Keluarga: Pentingnya Komunikasi Yang Baik Antara Suami Dan Istri

Ruang Curhat Keluarga: Pentingnya Komunikasi Yang Baik Antara Suami Dan Istri

BELLASALAMFM.COM Kamis, 14 Maret 2024, Ruang Curhat Keluarga yang merupakan salah satu program dari Radio Bellasalam setiap hari Kamis mulai Pukul 10.00-11.00 WIB. Ruang Curhat Keluarga (RCK) ini program yang berisi informasi dan edukasi untuk mengupas segala permasalahan yang ada dalam kehidupan rumah tangga, pertemanan, bertetangga dan lainnya. Dibantu oleh para narasumber yakni Drs. H. Ade Bunyamin, selaku Pembimbing Jemaah Umroh Ghinasepti Tours and Travel, dan Ifa Zumrotul Falihah selaku Pemerhati Anak dan Perempuan sekaligus Direktur Taman Jingga.

Program Ruang Curhat Keluarga

Kehidupan sehari-sehari seringkali tidak terlepas dari persoalan, dan persoalan tersebut yang membuat seseorang menjadi terbebani, takut, bahkan menyebabkan sakit. Tapi masalah atau persoalan juga bisa membuat seseorang menjadi dewasa, atau lebih baik dari sebelumnya, tergantung dalam menyikapinya.

Seperti di Kamis, 14 Maret 2024, pertanyaan muncul dari pendengar. “Bagaimana menghadapi atau mengatasi suami yang pelit? Tapi untuk dirinya sendiri seperti membeli rokok justru tidak pelit” ungkap seseorang yang tidak ingin disebutkan namanya.

Ifa Zumrotul Falihah mengatakan, “Seharusnya ada perjanjian pra nikah, termasuk dalam pembagian keuangan untuk apa saja, baik uang rokok dan lainnya. Sehingga penting untuk dikomunikasikan dengan baik, pola komunikasinya harus dapat, budget yang harus dikeluarkan setiap hari/minggu/bulannya harus di-list dan ditunjukkan. Minimal ada komitmen, misalnya suami harus tahu rokok itu banyak negatifnya daripada positifnya, hal tersebut bisa dikurangi untuk menutupi kebutuhan lainnya” ungkapnya.

Selain itu, Ust. Ade Bunyamin menyebutkan bahwa “Tidak menutup kemungkinan memang seorang laki-laki itu susah buat terlepas dari rokok, tinggal kesadarannya yang ditumbuhkan, jika memang rokok berdampak pada pengeluaran yang membengkak, maka harus belajar menguranginya. Istri tidak perlu takut untuk berkomunikasi dengan suami, karena istri memiliki hak nya, jangan takut disebut durhaka selama itu benar dan memang hak seorang istri kepada suami” ungkapnya.

Ifa menambahkan “Melihat permasalahannya bahwa seorang istri memberikan uang hasil kerjanya ke suami, justru sebetulnya istri posisinya disini membantu keuangan rumah tangga, bukan menafkahi, kewajiban menafkahi justru pada seorang suami. Tapi tidak salah juga ketika seorang istri menggabungkan penghasilannya untuk membantu keuangan rumah tangga” tambahnya.

“Sebetulnya seseorang itu bisa berhenti merokok, asal niat dan keberaniannya, karena sebetulnya banyak dampak negatifnya dari merokok ini” tambah dari Ust. Ade Bunyamin.

Sehingga, perlu diketahui bahwa salah satu kunci dari menyelesaikan persoalan adalah komunikasi yang baik. (MR)

Check Also

Mulai 1 Juli 2024, KA Baturraden Ekspres Keberangkatan dari Purwokerto Berubah Jadwal, Dapatkan Tarif Promo Mulai Rp95 Ribu

28/06/2024 BELLASALAMFM.COM (Aris AKA) Kabar gembira bagi masyarakat yang ingin bepergian menuju Kota Bandung dari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *