Home / Program / Edukasi / Pentingnya Menjaga Kadar Kolesterol Pada Tubuh Saat Momen Idul Adha

Pentingnya Menjaga Kadar Kolesterol Pada Tubuh Saat Momen Idul Adha

BELLASALAMFM.COM Rabu, 20 Juni 2024, Radio Bellasalam Tasikmalaya kembali menggelar talkshow interaktif bersama narasumber dari Dosen Fakultas Farmasi Universitas BTH Tasikmalaya yakni apt. Ilham Alifiar, M.Farm. Ada pun acara ini berlangsung dalam program Bellasalam Indo Pop Edisi Tasik Cerdas bersama Salma Shofaroh, S.Sos. M.Pd. selaku penyiarnya.

Problem yang sering muncul saat Idul Adha, umumnya banyak yang mengkonsumsi makanan atau daging kurban mengandung LDL lemak jahat sehingga kadar kolesterolnya menjadi tinggi.  Sebelum melakukan pengecekan lab mayoritas biasanya ada beberapa gejala yang terjadi pada seseorang yang mengalami kolesterol tinggi. seperti sakit kepala, pundak, dan lainnya. Lemak itu tidak larut bersama darah, tetapi diam saja, yang bisa menyebabkan darah menjadi kental. Ikatan oksigen dengan hemoglobinnya berkurang sehingga bisa menyebabkan rasa pusing atau sakit kepala.

Tubuh terdapat lemak, lemak diproduksi oleh hati. Kolesterol salah satu sumbernya dari lemak. Lemak mayoritas dihasilkan dari makanan hewani, seperti daging-dagingan. Lemak yang masuk ke tubuh, akan dikonversi menjadi kolesterol atau trigliserida. Khusus kolesterol berasal dari lemak jenuh, kolesterol akan selalu berdampingan dengan protein. Kolesterol istilah ilmiahnya disebut HDL yakni lemak baik dan LDL yakni lemak jahat.

Lemak sangat diperlukan oleh tubuh. Seperti produksi hormon, produksi sel, dan lainnya. Jadi salah besar jika lemak tidak diperlukan saat diet. Solusinya bisa menggunakan HDL atau lemak baik yang bisa didapatkan dari buah-buahan misalnya alpukat.

Lemak ini sangat dibutuhkan bagi tubuh termasuk pembentukan hormon, seperti hormon seksual esterogen dan progesterone, jadi kekurangan lemak saat pembentukan hormon akan mengalami gangguan menstruasi bagi wanita. Bagi laki-laki pun sama hormon testosterone dari lemak juga. Lemak juga penting menjadi cadangan energi, seperti atlet yang selalu didampingi oleh tim gizi khusus.

Tubuh membutuhkan (makronutrien) yang bisa menunjang metabolisme tubuh adalah kabohidrat, protein, dan lemak. Akan tetapi perlu diperhatikan untuk takarannya. Kolesterol baik penting mengurangi kadar kolesterol jahat. Sedangkan kolesterol jahat biasanya menyusut ke pembuluh darah, tidak di dindingnya, justru masuk ke dalam pembuluh darah. Jika keseringan masuknya kolesterol jahat ini akan berdampak pada penyumbatan pembuluh darah atau disebut dengan aterosklorosis. Hal ini memiliki dampak yang sangat besar, bisa menjadi awal terjadinya serangan jantung, stroke, dan lainnya. Jika sudah seperti itu, untuk pengobatannya cukup sulit.

apt. Ilham Alifiar, M.Farm.

Di momen idul adha selalu ada yang bertanya apakah jika memiliki riwayat darah tinggi tidak diperbolehkan memakan daging kambing atau domba, dan lebih baik daging sapi? Ilham menjawab bahwa ternyata keunikan dari hasil penelitian dan beberapa artikel menyebutkan lemak yang baik dari kambing atau domba. Hanya saja proses pengolahannya menyebabkan LDL menjadi lebih tinggi dibandingkan daging sapi. Optimalnya tubuh itu harus HDL tinggi, LDL rendah. Namun pada beberapa kondisi seperti saat Idul Adha, bisa meningkatkan kadar LDL pada tubuh. Sehingga pengolahannya harus tepat, dan konsumsinya tidak berlebihan.

Dalam proses pengobatan, bagi beberapa orang yang mengalami hiperkolesterol umumnya menggunakan obat penurun kolesterol golongan statin. Obat hiperkolesterol diutamakan harus dikonsumsi di malam hari. Berdasarkan hasil penelitian, kelompok orang yang selalu mengkonsumsi obat kolesterol di malam hari, kadar kolesterol lebih optimal menurun. Kemungkinan hal ini terjadi karena sleeping metabolisme, yang akan memecah kolesterol.

Ada beberapa suplemen yang bisa membantu mengatasi atau mencegah kolesterol tinggi. Salah satunya dari Vitamin E, seperti suplemen langsung atau dari buah-buahan atau sayuran. Misalnya acar timun pada sate yang biasa dibeli itu acarnya juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol.

Editor: Muhammad Rafi
Penanggung Jawab: Wargika Iwan

Check Also

BPJS Kesehatan Cabang Tasikmalaya Ajak Peserta Yang Memiliki Tunggakan Iuran Ikuti Program Rehab

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, yakni lembaga khusus yang bertugas untuk menyelenggarakan jaminan kesehatan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *