Home / Berita / Komunitas Explore Tasikmalaya Akan Bagikan 500 Cup Kopi Di Hari Terakhir PON

Komunitas Explore Tasikmalaya Akan Bagikan 500 Cup Kopi Di Hari Terakhir PON

Tasikmalaya, Bellasalam 87,6 FM – Komunitas Explore Tasikmalaya dan Noir Studios menginisiasi sebuah gerakan bernama Pekan Order Online guna membantu pelaku UMKM terutama kedai kopi yang terdampak aturan PPKM Darurat. Pekan Order Online (PON) ini dibuat berawal dari sebuah keprihatinan atas situasi sulit yang dialami kedai kopi akibat pandemic Covid-19. PON menjadi sebuah solusi untuk mengekposure kedai kopi dengan mengedepankan branding melalui platform digital yang dilakukan secara online yaitu Live Instagram.

Project Manager Tour Live Instagram Explore Tasikmalaya dan Noir Studios, Rizky Ginanjar Saputra menjelaskan, PON ini juga bertujuan untuk menaikkan insting pembeli dengan cara order online. Ia menambahkan, selama berlangsung, kegiatan PON berhasil meraup transaksi sebesar Rp 32,5 juta. “Alhamdulillah sejak PON berjalan (37 kali hingga hari ini), rata rata dalam satu jam meraih transaksi penjualan dari Rp 500 ribu hingga Rp 3 juta“, ujarnya saat ditemui di Ruang Ide, Jl.KHZ.Mustofa No. 318 Tasikmalaya, Kamis (29/07/2021).

Sebelum bergabung di Pekan Order Online (PON), pemilik kedai kopi mengalami sepi pembeli.  Menurut Kikuk, panggilan akrab Rizky Ginanjar Saputra,  beberapa bulan sebelumnya, di sebuah kedai hanya mampu  menjual satu sampai dua cup kopi per hari.

Pekan Order Online (PON) diikuti 40 vaneu kedai kopi yang ada di Tasikmalaya dan Ciamis. PON dilaksanakan dalam dua periode yaitu periode pertama dari tanggal 10 – 19 Juli 2021 dan periode kedua tanggal 23 – 31 Juli 2021.  Menurut Kikuk, proses live Instagram berlangsung di IG Explore Tasikmalaya dengan mendatangi venue kedai kopi tersebut.  Dalam satu hari, pihaknya menayangkan dua vaneu kedai kopi dengan jam yang berbeda yaitu di siang dan sore hari. ” Kita live bersama baristanya .. ownernya dan ada produk unggulannya juga selama satu jam “, jelas Kikuk. 

Menurut rencana, pada puncak pelaksanaan Pekan Order Online (PON) ini, pihaknya akan mengusung konsep #GebyarPPKM (Pekan Pembagian Kopi Massal), dimana akan membagikan kopi secara gratis kepada masyarakat Kota Tasikmalaya.” Tanggal 31 Juli nanti bener bener akhir dari  perjalanan PON. Kita akan membagi 500 cup kopi susu “, ujarnya.

Menurut Kikuk, metode yang dilakukan adalah melalui Buy 1 Give 1, dimana setiap pembelian produk PON di sesi terakhir nanti para konsumen sudah secara otomatis memberikan 1 gelas kopi kepada warga Kota Tasikmalaya terutama Tenaga Kesehatan, OJOL, Tukang Parkir, PKL, serta petugas kebersihan. “Saya percaya pada satu hal…kopi itu bisa menghilangkan rasa penat, minimal ketika rasa penat itu hilang, ada satu senyuman. Jadi kita tuh ingin menyebarkan satu senyuman melalui kopi ”, tutup Kikuk.

Bukan hanya Buy 1 Give 1, di sesi terakhir ini akan ada beberapa Band asal Tasikmalaya yang akan perform, sesi talkshow dengan loyalty customer , serta live serving dari 4 barista wanita asal Tasikmalaya.

Pekan Order Online sesi terakhir ini akan berlangsung pada hari Sabtu (31/7/2021) mulai pukul 15.00 Wib langsung dari vaneu Ruang Ide yang bisa disaksikan di IG Explore Tasikmalaya. (DK)

Check Also

Sirclo Buka Peluang UMKM Digital

Sirclo Store Menargetkan 10 Ribu Pelaku UMKM Digital

Chief Operating Officer Sirclo Danang Cahyono mengatakan, pada awal tahun 2021 sebanyak 1.000 UMKM telah bergabung menggunakan solusi teknologi dari Sirclo, dan diharapkan sampai dengan akhir tahun ini dapat meningkat hingga 10 kali lipat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *